Syarat Mengajukan Kredit Multiguna

Dengan semakin tingginya biaya hidup masyarakat Indonesia khususnya di kota-kota besar maka kebutuhan uang atau dana perusahaan semakin meningkat. Ada banyak kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan dasar seperti salah satunya biaya perumahan, pendidikan atau belanja modal usaha. Jika Anda inguin pengajuan kredit yang cukup besar tidak perlu bingung karena saat ini sudah banyak lembaga keuangan profesional yang bisa membantu Anda. Banyaknya lembaga keuangan juga membuat banyak produk pinjaman. Salah satunya adalah pinjaman multi guna. Kredit ini adalah pinjaman yang menggunakan aset yang Anda miliki sebagai jaminan.

Barang yang bisa Anda berikan sebagai jaminan bisa berupa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, real estate seperti rumah, gudang, tanah, apartemen dan gedung. Alternatifnya, Anda juga dapat menggunakan logam mulia seperti emas sebagai jaminan, atau pesawat terbang dan kapal, mesin taman, dan ternak. Meminjam uang dari lembaga profesi selalu membutuhkan jaminan atau agunan sebagai bentuk keseriusan sekaligus bentuk kemampuan mengembalikan.

Pasalnya, meski sudah diasuransikan, lembaga keuangan tetap menolak merugi dengan cara memberikan pinjaman secara gratis. Sebab jika tidak ada jaminan, peminjam cenderung santai dalam mengembalikan uang yang dipinjamnya. Pinjam-meminjam uang dari bank atau lembaga profesional lainnya kini sudah menjadi hal yang lumrah dan bukan lagi hal yang tabu. Karena lembaga keuangan benar-benar solusi jika calon nasabah tidak mendapatkan pinjaman dari individu, baik anggota keluarga maupun kerabat.

Namun, ada juga yang memilih meminjam dari lembaga profesi dari perorangan, karena meminjam uang dari perorangan sangat rentan dan sensitif jika terjadi permusuhan atau kontroversi. Tentu saja ini tidak adil. Karenanya, lembaga keuangan memang menjadi solusi bijak untuk memilih, menghindari perselisihan dan hal-hal yang tidak tepat. Dalam proses pinjaman multiguna, secara umum jumlah dana yang akan Anda peroleh cukup tinggi berdasarkan estimasi harga aset yang Anda jamin. Anda bisa mendapatkan ratusan hingga milyaran rupee.

Untuk sistem operasi Kredit Multiguna sangat mirip dengan pinjaman lainnya, yaitu peminjam harus membayar angsurannya ke bank pada waktu yang telah disepakati. Yang membedakan KMG dengan pinjaman lain adalah jaminan atas aset tersebut. Semakin tinggi nilai agunan maka semakin banyak dana yang akan diterima dan semakin cepat prosesnya berjalan.

Jika Anda sebagai peminjam tidak mampu memenuhi kewajiban Anda untuk melunasi hutang, maka jaminan akan digunakan sebagai penggantinya. Untuk mengajukan kredit serbaguna ini ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu, seperti:

  • Anda adalah Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia
  • Anda memiliki aset lengkap dengan dokumen untuk dijadikan jaminan
  • Anda harus berusia minimal 21 tahun
  • Anda setidaknya berusia 55-60 tahun pada tahun pembayaran
  • Anda memiliki penghasilan minimal 6-8 juta atau pinjaman dengan jaminan pilihan Anda

Selain hal di atas, Anda juga harus melengkapi dokumen seperti formulir pengajuan kredit, slip gaji, fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi kartu keluarga, fotokopi rekening tabungan, fotokopi rekening listrik 6 bulan terakhir, fotokopi akta nikah cerai, fotokopi ringkasan penjualan, fotokopi akta pendirian / SIUP / TDP, fotokopi perusahaan / tempat praktik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *