Peran Organel Sel Bagi Sel Hewan

Peran Organel Sel Bagi Sel Hewan – Struktur sel hewan terdiri dari organel-organel tertentu serta bagian-bagian yang memiliki peran masing-masing. Perlu Anda ketahui bahwa sel hewan adalah sebuah unit sel yang menyusun bagian tubuh dari binatang. Sel hewan sendiri memiliki ukuran dan memiliki bentuk yang tidak beraturan pastinya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sel hewan tidak mempunyai satu dinding sel. Sebagian besarnya mempunyai ukuran yang sangat kecil berkisar antara 1 sampai 100 mikrometer dan bisa Anda lihat hanya dengan mikroskop saja.

Sel hewan juga merupakan eukariotik dan memiliki batas luar yang dikenal sebagai membran plasma. Namun, sel hewan berbeda dengan sel eukariotik lainnya. Seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel dan kloroplas.

Sel merupakan sebuah bagian dari satu organisme yang dapat melakukan replikasi atau proses memperbanyak diri. Dan sel sendiri berbentuk sangat kecil untuk melihatnya kalian harus menggunakan alat pembesar satu benda, yaitu mikroskop. Dan makhluk hidup ini pastinya tidak sama antar sel.

Dalam tubuh hewan memiliki bagian-bagian atau sebuah organel-organel yang memiliki fungsi dan peran masing-masing. Tahukah Anda? Fungsi organel-organel sel merupakan tanda bahwa organel sel hewan tersebut memiliki satu kinerja di dalam sel hewan.

Fungsi organel-organel sel hewan merupakan tanda bahwa organel sel tersebut telah memiliki satu pekerjaan dalam sel hewan. Organel sel hewan juga memiliki kesamaan dan juga memiliki perbedaan. Nah, di sini saya akan membahas tentang persamaannya. Kira-kira apa ya yang membuat sel hewan dan juga sel tumbuhan memiliki kesamaan?

Dan ternyata, yang membuat kesamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah dari beberapa organel-organelnya.

  1. Membran Plasma

Membran plasma ini atau yang memiliki julukan (selaput sel) yang terletak di lapisan terluar sel serta memiliki fungsi sebagai pelindung molekuler sel terhadap lingkungan luar.

  1. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan sebuah cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya, terkecuali nukleus (inti sel) dan juga organel. Sitoplasma sendiri terdiri dari protein, material dan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *