Masjid Roudhotul Muchlisin Sebagai Wisata Religi di Jember

Masjid Roudhotul Muchlisin yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjadi trend wisata religius pada saat bulan Ramadhan karena banyak orang asing berhenti dan beribadah sebelumnya menikmati keindahan masjid untuk berbuka puasa dan berbuka malam selama shalat tarawih. Masjid Roudhotul Muchlisin terletak di tepi jalan utama dari Jember ke Surabaya, tepat di dekat Jl Gajah Mada, Kaliwates, Jember. Saya pikir masjid ini adalah salah satu masjid baru di Jember, ternyata menjadi masjid yang dibangun pada tahun 1978 dan sekarang penampilannya menjadi masjid Roudhotul Muchlisin setelah renovasi atau renovasi. Tak heran jika jasa travel Surabaya Jember sudah banyak bermunculan untuk mengantarkan mereka yang ingin berlibur ke Jember.

Karena lokasi masjid di Jalan Gadjah Mada, jalan utama ke Surabaya. Masjid Roudhotul Muchlisin juga dekat dengan Lippo Plaza, Anda dapat menggunakan koneksi kuning, transportasi umum, kode A, B, O, N, D, dan Q melalui Lippo Plaza. Jika Anda ingin tiba dengan cepat, Anda dapat menggunakan ojek motor konvensional atau ojek motor online. Setelah pintu masuk ke gerbang, masjid Roudhotul Muchlisin dengan masing-masing pohon palem ditanam dekat air mancur. Lebih dekat ke air mancur dan pohon kurma, sepertinya menemukan oasis di tengah padang pasir, terutama ketika hari itu panas di Jember.

Saya berjalan ke masjid, dan banyak arsitektur di dalamnya, terkejut. Banyak ornamen membuat masjid ini sekilas rona Timur Tengah, belum lagi keberadaan Asmaul Husna yang mengisi dinding masjid ini. Di dinding depan lantai bawah adalah ayat-ayat Al-Qur’an dan Surah Al-Waqiah dan Al-Waqiah, sementara di lantai atas ada surat-surat pendek Juz Amma (Juz 30). Tulisan surat Ar-Rahman dan Al-Waqiah di dinding lantai bawah masjid adalah pengingat bagi pengunjung di sana. Surat Ar-Rahman menggambarkan berbagai nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada orang-orang dan jin. Dalam Surat, Ar-Rahman juga menjelaskan kiasan kepada orang-orang dan jin yang tidak bersyukur atas berkah, tetapi Allah masih mendukung ini untuk orang-orang dan jin. Surat Al-Waqiah ini mengingatkan kita akan kematian dan kehancuran.

Di tiang masjid ini ada rak-rak dengan Al-Quran dan buku-buku lain yang dapat dibaca dengan syarat bahwa itu dikembalikan ke tempat aslinya setelah membaca. Di luar ada rak sepatu gratis dan independen untuk mengantisipasi hilangnya sandal selama kebaktian. Kamar mandi dan mencuci berada di selatan dan terpisah dari bangunan masjid. Kamar mandi ternyata banyak dan bersih. Hal ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna masjid karena masjid telah menjadi tempat peristirahatan bagi pengguna lintas Kabupaten Jawa Timur. Wisatawan dan pelancong dapat berenang dengan nyaman di masjid Roudhotul Muchlisin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *