Keuntungan Menjalankan Investasi Surat Berharga

Untuk merencanakan masa depan, investasi sudah sepantasnya menjadi salah satu bagian dari financial yang Anda rencanakan. Terutama dengan pesatnya perkembangan dalam bidang teknologi saat ini, menjalankan investasi semakin mudah dan tidak ribet, misalnya investasi SBN.

Tren instrumen pada investasi saat ini yang praktis dapat Anda coba yakni Surat Berharga Negara. Instrumen investasi menjadi sangat menarik karena dapat dibeli secara online (e-SBN). Hal tersebut didukung platform yang juga dipercaya oleh Pemerintah dan telah mendapatkan sertifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan pada saat memutuskan untuk menjalani investasi tersebut:

  1. Terjangkau

Sama dengan menabung, Anda tidak perlu menunggu uang yang Anda investasikan tersebut terkumpul banyak. Hal tersebut dikarenakan, satuan pembeli yang cukup rendah. Dimulai dari nominal dengan minimal Rp1  juta sampai dengan maksimal Rp3 miliar, Anda dapat menabung sembari belajar melakukan investasi di berbagai instrumen pada investasi surabat ebrharga Negara (SBN), misalnya Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR) dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

  1. Risiko Rendah

SBN merupakan hasil dari Pemerintah yang mempunyai kestabilan finansial cukup tinggi. Hingga saat ini, belum pernah terjadi pembayaran dalam bentuk kupon imbal hasil SBN yang gagal atau terlambat membayar. Kasus yang berbeda apabila Anda menginvestasi obligasi korporasi yang diluncurkan perusahaan swasta nasional. Anda memiliki sedikit peluang untuk gagal bayar, dan juga kupon serta nilai pokok yang jatuh tempo karena kondisi keuangan tidak menentu.

  1. Pencairan Lebih Awal

Salah satu jenis investasi Surat Berharga Negara, misalnya SBR, memiliki fasilitas early redemption. Fasilitas ini dapat digunakan apabila Anda membutuhkan dana yang cepat, sehingga dana yang Anda investasikan, sebesar 50% boleh dicairkan lebih dulu sebelum masa jatuh tempo. Namun, hal tersebut hanya dapat digunakan oleh investor dengan minimal investasi Rp2 juta.

Dengan beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh tersebut, dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memulai aktivitas investasi tersebut. Anda dapat mengunjungi website tanamduit.com jika ingin menemukan banyak informasi mengenai investasi, cara menabung saham, hingga investasi SBN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *