Keuntungan Memiliki Catatan Keuangan Usaha

Buku warung harus dimiliki oleh setiap pemilik warung yang ingin mempertahankan bisnis warungnya agar tetap berjalan berkelanjutan. Hal ini sebagai kontrol finansial yang dimiliki oleh warung yang sedang dijalankan. Meskipun masih dalam skala kecil, buku catatan keuangan teta perlu untuk dibuat.

Keuntungan memiliki catatan keuangan warung

Memiliki catatan pengeluaran keuangan sangat berguna bagi pemilik usaha. Keuntungan yang didapat diantaranya adalah:

  1. Mengetahui rincian pemasukan dan pengeluaran warung

Dengan membuat catatan pengeluaran, memungkinkan pemilik warung untuk meninjau besar pemasukan maupun pengeluaran di periode sebelumnya secara berkelanjutan. Mencatatnya dengan rinci, dapat membantu pemilik warung mengetahui alokasi pengeluaran yang paling besar atau berlebihan dalam pengeluaran bisnis warung yang dijalankan. Dari catatan keuangan ini juga dapat diketahui mana saja pengeluaran yang bisa dipangkas, dan mana saja pemasukan yang bisa dikembangkan.

  1. Dapat mengatur arus pengeluaran lebih stabil

Secara tidak langsung, melakukan pencatatan keuangan warung bisa membantu pemilik usaha untuk mengontrol keuangan berdasarkan rincian catatan keuangan yang ada. Catatan keuangan ada dapat menjadi refleksi untuk membuat anggaran keuangan pada bulan selanjutnya. Bila pola ini diterapkan dengan berkelanjutan, pola pengeluaran bisnis akan lebih stabil dan sehat.

  1. Membantu menentukan skala prioritas

Dalam berbisnis, banyak hal yang perlu dipikirkan, termasuk pembayaran yang dikeluarkan. Ada banyak kebutuhan yang diperlukan dalam berbisnis, baik pembelian bahan, penggajian karyawan, maupun pembayaran hutang.

Memiliki catatan keuangan bisa membantu menentukan skala prioritas di tengah banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Saat melihat nominal pengeluaran pada bulan sebelumnya misalnya, pemilik usaha dapat menilai mana saja pengeluaran yang kurang esensial dan bisa dikurangi untuk memenuhi berbagai kebutuhan lainnya.

  1. Menghindari utang konsumtif

Menyusun pencatatan keuangan secara rutin dan konsisten rupanya secara tak langsung juga bisa membantu Anda terhindar dari hutang yang tidak perlu. Hal ini dapat menjadi mungkin karena dari pada berhutang, anda dapat memilih untuk memangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu untuk mengembangkan bisnis yang anda bangun. Sehingga, anda tidak perlu mengajukan hutang dan menambah beban pengeluaran bisnis anda di masa depan.

Buku warung pada zaman yang sudah berbasis digital saat ini sudah tidak lagi melalui buku besar usang. Pencatatan keuangan usaha warung ini kini bisa dilakukan di berbagai aplikasi pada smartphone yang bisa diakses dimanapun pemilik warung berada. Aplikasi BukuKas dapat menjadi pilihan yang paling tepat dalam mencatatkan keuangan bisnis yang dijalankan, karena memiliki fitur canggih yang sangat lengkap bahkan memiliki fitur pencatatan hutang customer maupun pemilik usaha. Terlebih buat toko online. Memiliki catatan keuangan di smartphone tentu akan lebih memperluas kedinamisan bisnis yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *