Cara Mengatasi Alergi Telur Pada Anak

Telur adalah salah satu protein yang baik yang berguna bagi tubuh dan baik bagi anak – anak. Namun terkadang bagi sebagian anak ketika mengkonsumsi telur justru dapat menimbulkan alergi. Alergi ini membuat sebagian anak – anak menjadi tidak suka dan tidak mau untuk mengkonsumsi telur.

Terdapat cara mengatasi alergi telur pada anak yang dapat diterapkan untuk dapat mencegah dan mengurangi alergi telur yang dapat terjadi pada anak. Lalu bagaimana untuk dapat mengatasi alergi mengkonsumsi telur pada anak ? berikut adalah cara mengatasi alergi telur pada anak penjelasannya agar anak tidak takut dan tetap mau untuk mengkonsumsi telur yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Penyebab Alergi Telur Pada Anak

Alergi telur yang dapat terjadi pada anak, umumnya memiliki reaksi yang sama dengan alergi – alergi yang lain. Alergi terhadap telur terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang memiliki reaksi berlebihan terhadap telur dan juga makanan – makanan yang mengandung telur.

Sistem kekebalan tubuh salah mengira bahwa protein yang terkandung dalam telur sebagai suatu zat berbahaya bagi tubuh, sehingga tubuh akan melepaskan zat histamin yang bertujuan untuk menjaga tubuh.

Pada umumnya alergi telur akan terjadi pada anak – anak. Alergi ini juga rentan dan sangat mengganggu bagi anak – anak yang berusia 6 sampai 15 bulan. Bagi bayi yang masih mengkonsumsi asi juga bisa terkena alergi akibat ibunya mengkonsumsi telur.

Gejala Alergi Terhadap Telur

Gejala – gejala yang timbul akibat alergi terhadap telur dapat berupa gejala  ringan, sedang hingga gejala yang parah. Gejala yang terjadi biasanya seperti bibir atau bahkan kelopak mata yang membengkak, mata berair dan terasa gatal, hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir, sesak nafas, hingga terjadinya gangguan pada pencernaan.

Gejala alergi terhadap telur yang parah dan dapat membahayakan bagi nyawa seperti denyut nadi yang bergerak cepat, kesulitan bernafas karena terjadi pembengkakan pada tenggorokan, perut terasa nyeri, hingga terjadi penurunan tekanan darah. Gejala tersebut harus diwaspadai dan harus dilakukan penanganan oleh dokter.

Cara Mengatasi Alergi Telur

Berkonsultasi Dengan Dokter

Cara mengatasi alergi telur pada anak yang pertama yang dapat dilakukan untuk bisa mengatasi alergi terhadap telur pada anak adalah, dengan tidak mengkonsumsi telur. Kemudian anda bisa juga melakukan konsultasi dengan dokter dan memberikan keterangan pada dokter.

Dokter akan memeriksa tubuh hingga menguji telur yang dikonsumsi untuk mengetahui penyebab pasti terhadap terjadinya reaksi akibat mengkonsumsi telur pada anak.

Menggunakan Obat Yang Mengandung Anti Histamin

Obat anti histamin dapat membantu untuk mencegah dan mengatasi terjadinya alergi terhadap telur. Pada saat tubuh mengeluarkan gejala alergi, tubuh akan mengeluarkan zat histamin yang berlebihan sehingga tubuh akan mengalami gejala alergi. Dengan menggunakan obat anti histamin akan membantu tubuh untuk tidak memproduksi zat histamin yang berlebihan.

Mengurangi Konsumsi Telur

Mengurangi konsumsi telur akan menjadi cara yang mudah namun cukup sulit dilakukan, mengingat banyak sekali makanan yang mengandung telur di dalamnya. Untuk itu pada anak perlu pendampingan oleh orang tua, serta membuat daftar atau catatan tentang makanan – makanan apa saja yang mengandung telur dan berpotensi untuk menimbulkan gejala alergi.

 

Demikianlah terdapat beberapa cara mengatasi alergi telur pada anak  yang dapat anda lakukan untuk bisa mencegah terjadinya reaksi  alergi terhadap telur pada anak – anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *