Cara Membedakan Asli dan Palsu Masker Spirulina

Kulit merupakan bagian dari tubuh yang sangat sensitif dan cepat mengalami penuaan. Terutama untuk kulit wajah yang membutuhkan perawatan untuk terhindar dari berbagai permasalahan kulit yang dialami. Masker merupakan salah satu perawatan kulit yang dilakukan adalah spirulina. Spirulina merupakan suatu bentuk dari kehidupan tertua di Bumi. Microlagae berwarna hijau kebiruan untuk memproduksi oksigen pada atmosfir Bumi dan salah satu makanan dengan nutrisi kaya.

Berikut adalah beberapa manfaat dari spirulina diantaranya:

  • Mengandung kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin E, kalsium, zat besi dan fosfor untuk mencerahkan, menyegarkan dan membuat kulit lebih awet muda.
  • Untuk mendetoksifikasi kulit da menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Membuat wajah menjadi lembab pada kulit yang kering dan membuat kulit tampak segar dan awet muda.
  • Membantu menghilangkan noda-noda hitam atau bekas jerawat yang menganggu penampilan.
  • Mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan membuat kulit tampak awet muda.
  • Spirulina kaya akan tirosin dan memperlambat penuaan pada sel-sel kulit dan menyamarkan garis-garis di wajah.
  • Spirulina sebagai tameng untuk melindungi kulit dari efek radikal bebas yang menimbulkan masalah kulit.
  • Spirulina mampu mengeliminasi racun-racun dalam kulit dan meningkatkan metabolisme pada kulit.
  • Spirulina dapat meningkatkan pertumbuhan sel kulit yang baru agar tumbuh dengan lebih cepat untuk menggantikan sel-sel kulit mati yang terangkat.
  • Melawan pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab jerawat.
  • Membantu mempercepat proses pergantian sel sehingga luka-luka pada kulit akan sembuh dengan lebih cepat.

Beberapa manfaat spirulina diatas menjadi alasan mengapa banyak sekali wanita yang menggunakan jenis ini. Selain itu juga, spirulina dapat mencegah terjadinya inflamasi atau kemerahan pada kulit akibat skincare ataupun reaksi alergi akibat make up. Dengan banyaknya manfaat pada spirulina ini membuat banyak yang tertarik untuk mencobanya dan banyak juga yang menjual ini.

Berikut adalah jenis spirulina diantaranya:

  • TIENS dengan bahan anthospira maxima menggunakan ganggang hijau biru, biasanya memiliki kandungan polisakarida dan asam gamma linolenic yang sangat baik untuk kesehatan kulit.
  • HPAI dengan grade bawah yang memiliki campuran menggunakan gammat spirulina dengan hasilnya yang tidak sebagus dengan TIENS.

Saat membeli sebaiknya dapat membedakan perbedaan asli dan palsu. Spirulina yang asli menggunakan cangkang lebih panjang dan pendek sedangkan yang palsu menggunakan cangkang yang sama ketika akan dibuka. Spirulina yang asli berasal dari alam sedangkan tiruan menggunakan senyawa kimia yang sangat berbahaya untuk kulit terutama untuk kulit sensitif. Dapat dibedakan dari segi warna, yang asli memiliki warna hijau tua dan lebih terlihat padat sedangkan yang palsu warna hijaunya lebih terang dan muda. Dari aroma spirulina yang asli lebih amis karena berasal dari alam sedangkan yang palsu tentu berbeda dari yang aslinya. Kandungan gizi pada spirulina seperti zat gizi makro yang memiliki asam lemak omega 3 dan omega 6 serta lemak, serat dan asam amino yang memiliki kandungan treonin, tirosin, alanin, prolin, serin, fenilanin.

Terdapat juga mineral dengan kandungan mangan, fosfor, sodium, dan seng. Cara menggunakan masker spirulina dengan mengoleskannya pada wajah secara merata dan didiamkan selama 15 menit. Dapat juga dikombinasikan dengan bahan alami seperti madu untuk hasil optimal, mencucinya menggunakan air hangat dan menggunakannya secara rutin. Spirulina tidak hanya untuk wajah tetapi juga untuk rambut yang dapat membantu pertumbuhan dan mengatasi kerontokan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *