Cara Cek SLIK OJK Online Termudah & Terbaru 2020

Indonesia memiliki banyak lembaga keuangan yang tentunya dapat membantu setiap orang untuk berbagai kebutuhan. Serta persyaratan pembiayaan atau kredit. Hanya tidak semua lembaga tersebut berada di bawah naungan OJK atau Badan Jasa Keuangan atau yang kita kenal SLIK Online.

Oleh karena itu, saat ingin memberikan pinjaman kepada lembaga keuangan di Indonesia, pastikan selalu mengetahui seluk beluk lembaga ini. Pastikan juga lembaga tersebut berada di bawah naungan OJK. Dengan cara ini, semua data yang masuk dan keluar bisa dirahasiakan dengan baik.

Dan yang pasti Anda bisa memanfaatkan SLIK yang artinya Sistem Layanan Keuangan Online. Dimana ini merupakan fase baru yang dikeluarkan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan untuk memudahkan penanganan data. Dan setelah peluncuran layanan SLIK OJK ini. Oleh karena itu, BI atau Bank Indonesia tidak lagi memerlukan kegiatan operasional untuk proses penanganan datanya. Karena semua ini bisa dilakukan sendiri secara online melalui layanan SLIK OJK.

Cara Cek SLIK OJK Online

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu SLIK dan Anda ingin memeriksa SLIK secara online tetapi Anda tidak tahu bagaimana prosesnya. Berikut prosedur atau tahapan untuk melakukan pemeriksaan SLIK OJK secara online.

1. Buka browser

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin melakukan pengecekan SLIK OJK secara online adalah dengan membuka browser di PC atau smartphone Anda kemudian buka alamat https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi.

2. Pilih Informasi Debitur dan Tanggal Antrian

Setelah dibuka penuh, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan tanggal layanan yaitu tanggal informasi debitur SLIK. Dalam pemilu kali ini, pastikan Anda masuk ke kantor OJK Pusan ​​(Jakarta).

3. Isi data pribadi Anda

Pada tahap ini, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan semua data sesuai form yang tersedia. Dalam hal ini, beberapa data yang harus ada disini termasuk alamatnya.

Namun perlu diingat bahwa alamat yang harus Anda masukkan adalah alamat yang sama dengan dokumen identitas. Kemudian Anda perlu mengisi alamat lain dengan alamat yang sudah ditempati.

4. Unggah foto dokumen asli

Setelah selesai melakukan proses pemasukan data pribadi, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah beberapa dokumen yang dibutuhkan dengan memilih menu Kamera. Beberapa data dokumen yang perlu Anda unggah antara lain:

  • KTP jika warga negara Indonesia
  • Paspor jika orang asing

5. Menunggu konfirmasi

Langkah selanjutnya untuk melakukan pengecekan SLIK OJK secara online adalah dengan mengklik menu KIRIM untuk mengirimkan data apapun yang Anda masukkan ke SLIK OJK. Setelah itu tunggu email dari OJK yang berisi bukti Pendaftaran Antrian SLIK Online.

6. Konfirmasi OJK

Dan ketika Anda telah mengirimkan semua data yang diperlukan seperti yang dijelaskan di atas. Kemudian OJK akan mengkonfirmasi data yang dikirim secara otomatis.

Apabila data sudah diverifikasi, Anda akan menerima email dari OJK yang berisi hasil konfirmasi Antrian SLIK OJK Online. Biasanya akan dikirim selambat-lambatnya H-2 sejak tanggal giliran Anda terima.

7. Ikuti instruksi yang dikirim ke email

Jika semua data yang diperiksa OJK sudah berhasil diverifikasi, langkah selanjutnya adalah mengikuti petunjuk yang ada di email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *